Wasit Lokal Kurang Mumpuni, PSSI Datangkan Wasit Asing

GATRA - Friday, 28 July 2017 23:06
Sekretaris Jenderal, Ratu Tisha Destria (you tube.com/yus4)

Jakarta, GATRAnews - PSSI dalam waktu dekat ini berinisiatif untuk menggunakan wasit asing dalam kompetisi Gojek Traveloka Liga 1. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal, Ratu Tisha Destria, Kamis (27/7) di kantor PSSI.


Persoalan dan kejadian seputar kepemimpinan wasit di Indonesia sampai saat ini menjadi perhatian khusus PSSI untuk meningkatkan mutu kompetisi sepak bola yang sedang berjalan.

Kualitas wasit Indonesia, seperti pernah disebutkan oleh George Cummings (mantan direktur wasit FIFA) yang sebelumnya didatangkan oleh PSSI itu perlu untuk lebih ditingkatkan kualitasnya terlebih ini menyangkut kompetisi.

“PSSI berinisiatif untuk mendatangkan wasit asing. Australia dan Kyrgyzstan menjadi dua negara awal yang dipilih oleh PSSI untuk mengirimkan wasitnya agar bisa bekerja memimpin pertandingan di kompetisi Indonesia yang sedang berjalan saat ini. Yang jelas, mereka memiliki lisensi wasit dari FIFA,” ungkap Ratu Tisha.

“Di periode pertama, mereka diperkirakan akan datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. Untuk selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda," tambahnya.

PSSI akan menghadirkan dua set wasit, yang terdiri dari dua wasit utama dan empat asisten wasit, untuk periode pertama.

Dengan begitu, PSSI ingin adanya perbaikan kualitas dan mutu pertandingan. Salah satunya adalah kinerja wasit dan perangkatnya. Dipakainya wasit asing diharapkan bisa memberi pelajaran atau transfer ilmu dengan wasit lokal.

Tidak berhenti sampai di situ, PSSI juga menekankan program penggunaan wasit asing akan mengarah kepada program pertukaran pada akhirnya.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo

Last modified on Saturday, 29 July 2017 08:23