Timnas Indonesia U-19 Gilas Brunei Darussalam 5-0

GATRA - Tuesday, 31 October 2017 15:04
Selebrasi khas pemain Timnas Indonesia U-19. (ANTARA/Sigid Kurniawan/FT02)

Jakarta, gatra.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor meyakinkan 5-0 dalam laga kualifikasi Piala Asia U-19 yang berlasngsung di Stadion Paju Public, Korea Selatan (Korsel), Selasa (31/10).


Gol pembuka kemenangan Indonesia dicetak Muhammad Rafli Mursalim ke gawang Brunie Darussalam pada menit ke-12. Gol dilesakkan Rafli melalui sundulan setelah mendapat umpan silang dari sayap kanan pertahanan Brunei Darussalam yang dilepaskan Firza Andika.

Tertinggal 1-0 membuat Timnas Brunei Darussalam menumpuk pemainnya di sektor pertahanan dan hanya sesekali melakukan serangan balik yang mudah dipatahkan para pemain Indonesia.

Menumpuknya pemain di sektor pertahanan membuat Egy Maulana Vikry dan kawan-kawan kesulitan membuka peluang. Bahkan, M Iqbal harus menerima kartu kuning karena melakukan diving dalam kotak penalti Brunei Darussalam pada menit ke-33.

Indonesia terus berupaya membongkar pertahanan Brunei Darussalam melalui Firza dari sisi kiri dan Rifad Marasabessy dari sisi kanan pertahanan Brunei Darussalam. Sayang, umpan silang dari kedua sayap tersebut gagal dikonversi menjadi gol.

Indonesia baru berhasil memperbesar kedudukan 2-0 pada menit 43. Gol berawal dari tendangan keras Egy dari luar kotak penalti berhasil ditepis penjaga gawang Brunei Darussalam dan menghasilkan sepak pojok bagi Indonesia.

Sepak pojok Egy dari kiri gawan Brunei Darussalam berhasil disundul Asnawi Mangkualam, bola sempat disundul pemain belakang Brunei Darussalam kemudian masuk ke gawang.

Timnas Indonesia menambah gol menjadi 3-0 saat babak kedua baru berlangsung sekitar 5 menit. Gol dicetak M Iqbal setelah berhasil memanfaatkan peluang dengan tendangan chip sehingga bola melewati penjaga gawang Brunei Darussalam.

Sedangkan gol ke-4 dicetak Egy ketika babak kedua baru berjalan sekitar 10 menit. Egy yang dikepung pemain lawan di kotak penalti, berhasil melepaskan tendangan kaki kiri ke pojok kanan gawang Brunei Darussaalam.

Gol ke-5 atau pamungkas dicetak Saddil Ramdhani melalui tendangan keras kaki kirinya yang tidak bisa dibendung kiper Brunei Darussalam sehingga bola bersarang di pojok kiri gawangnya.


Reporter: Iwan Sutiawan