Kalahkan Belgia, Wales Jumpa Portugal Di Semifinal

GATRA - Saturday, 02 July 2016 08:38

Lille, GATRAnews - Secara meyakinkan memastikan satu tiket di babak semifinal piala Eropa 2016 setelah mengalahkan tim kuat Belgia dengan skor telak 3-1. Gol-gol Wales masing-masing diciptakan oleh Ashley Williams, Hal Robson-Kanu, serta Sam Vokes. Bermain di Stadion Pierre Mauroy, Lille Metropole, Prancis, Sabtu, (2/7) dini hari WIB, Belgia tampil menggempur pertahanan Wales semenjak babak pertama bergulir.

Kesempatan pertama Belgia hadir pada memit ke-6 melalui kerjasama Romelu Lukaku dan Eden Hazard.

Berawal dari operan Lukaku dari sisi kiri, umpan tersebut langsung disambar Hazard lewat tendangan first time-nya, sayang tendangan tersebut masih ditepis penjaga gawang Wales, Hennessey.

Selang beberapa menit kemudian, giliran Wales yang mengancam gawang Belgia lewat sepakan keras Gareth Bale. Sayang tendangan kencang pemain Real Madrid tersebut masih melebar disisi kiri gawang Belgia.

Gol pertama Belgia akhirnya hadir pada menit ke-13. Aktor terjadinya gol tersebut adalah Radja Nainggolan yang memaksimalkan operan Hazard. Pemain keturunan Indonesia tersebut bisa melesakan tembakan keras dari luar kotak penalti yang berbuah gol. Belgia memimpin 1-0.

Pada menit ke-26 sebenarnya Wales mempunyai peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Sayang permainan cemerlang yang dipertontonkan penjaga gawang Thibaut Courtois masih bisa mementahkan tendangan Neil Taylor.

Gol penyeimbang akhirnya datang pada menit ke-31. Diawali dari sepak pojok, bola mengarah ke depan gawang Belgia untuk kemudian ditanduk Ashley Williams. Kedudukan pun berubah sama imbang 1-1 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Wales walah berbalik unggul atas Belgia di menit ke-55. Hal Robson-Kanu yang menerima operan Ramsey di kotak penalti dan menjaga bola dengan baik memanfaatkan tubuhnya, sebelum melepaskan tembakan. Kedudukan pun berubah 2-1 untuk Wales.

Belgia yang bermaterikan pemain-pemain bintang dalam laga tersebut sebenarnya mempunyai peluang untuk menyamakan kedudukan. Sayang pertahanan Wales yang solid memuntahkan semua kesempatan Belgia.

Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, Belgia malah kebobolan untuk yang ketiga kalinya. Sam Vokes yang menggantikan Robson-Kanu mencetak gol ketiga Wales pada menit ke-86. Kedudukan berubah 3-1 untuk Wales hingga pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini, Wales memastikan satu tiket di semifinal untuk menghadapi Portugal. Kemenangan ini terbilang luar biasa mengingat inilah partisipasi pertama Wales di ajang Piala Eropa.

Susunan pemain:
Wales: Hennessey; Chester, Williams, Davies, Taylor, Allen, Ledley (King 78'), Ramsey (Collins 89'), Gunter, Robson-Kanu (Vokes 80'), Bale

Belgia: Courtois; Meunier, Alderweireld, Denayer, J. Lukaku (Mertens 75'), Nainggolan, Witsel, Carrasco (Fellaini 46'), De Bruyne, Hazard, R. Lukaku (Batshuayi 83')



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay