Tiga Klub Liga Spanyol Ikut Aksi Mogok

GATRA - Tuesday, 03 October 2017 06:30
FC Barcelona (AFP/LLuis Gene/HR02)

Jakarta, gatra.com - Dua klub sepak bola yang berlaga di Liga Spanyol yakni Espanyol, dan Girona berencana bergabung dengan FC Barcelona untuk melakukan aksi mogok terkait aksi represif pemerintah Spanyol terhadap tuntutan referendum di Katalunya, Selasa (3/10).


Dikutip dari Antara, aksi mogok itu disebut-sebut juga dilakukan oleh lebih dari 40 organisasi. Seperti diketahui, jumat pekan lalu, terjadi bentrokan anatar pendemo dan pihak Kepolisian setempat yang berupaya keras menghentikan referendum. Aksi kepolisian itu  setelah Pemerintah Spanyol menyatakan upaya referendum  adalah tindakan ilegal.

Lebih dari 840 orang harus mendapatkan perawatan medis akibat sejumlah bentrokan dengan aparat kepolisian.

Meski banyak pemain dari tim inti Barcelona akan pergi untuk bergabung dengan tim nasional masing-masing menjelang agenda pertandingan internasional mendatang, para pemain dan staf klub yang tersisa tidak akan mendatangi pusat latihan pada Selasa. 

"FC Barcelona bergabung dengan pemogokan di seantero negeri yang diserukan Table of Democracy, dan oleh karena itu besok klub akan ditutup. Tidak satu pun tim-tim profesional atau tim-tim junior di FC Barcelona akan berlatih besok di Ciutat Esportiva."

Aksi protes juga dilakukan para pekerja kantoran di seluruh wilayah Katalunya. Mereka akan berhenti bekerja selama 15 menit pada tengah hari.

Espanyol dan Girona, yang juga bermarkas di Katalunya, telah merilis pernyataan pada Senin yang mendeklarasikan niat mereka untuk bergabung dengan pemogokan umum.



Reporter: Iwan Sutiawan

Last modified on Tuesday, 03 October 2017 11:22